Research

PHINTAS Weekly Report 16 Desember 2019

Sepanjang sepekan bursa regional cenderung bergerak menguat, merespon phase one trade deal antara AS dan Tiongkok. Sebagai informasi, AS telah setuju untuk menurunkan tarif yang berlaku pada 1 September 2019 menjadi 7.5% (Sebelumnya 15%). Selain itu, AS juga setuju untuk membatalkan tarif baru terhadap barang dari Tiongkok sebesar US$156 miliar. Terkait hal tersebut, Tiongkok juga telah setuju untuk melakukan impor terhadap produk agrikultur dari AS. Selain itu, Tiongkok juga telah setuju untuk membuat komitmen terhadap hak kekayaan intelektual, diantaranya pemalsuan, paten dan trademark.

 

Merespon isu serupa, mayoritas bursa regional, diantaranya ASX200 (+1.06%) dan KOSPI (+0.07%) dibuka menguat. Meski demikian, NIKKEI (-0.22%) dibuka melemah pada perdagangan hari ini (16/12). Pelemahan tersebut disebabkan oleh antisipasi investor terhadap partial trade deal antara AS dengan Tiongkok. Hal tersebut tercermin dari rally signifikan NIKKEI pada sepekan terakhir.

 

Mempertimbangkan pergerakan bursa regional, IHSG diperkirakan akan bergerak terbatas pada perdagangan hari ini (16/12) dengan rentang perdagangan antara 6150-6250. Aksi profit taking investor terhadap sejumlah saham sektor mining khususnya batubara diperkirakan akan menahan laju penguatan IHSG pada perdagangan hari ini (16/12). Pasalnya, sektor tersebut telah menguat signifikan (+3.69%) selama sepekan terakhir.

 

Top