Research

PHINTAS Weekly Report 14 Oktober 2019

Bursa-bursa regional, diantaranya ASX200 (+0.90%) dan KOSPI (+1.37%) dibuka menguat di pagi hari ini (14/10). Penguatan bursa-bursa reguonal tersebut dipicu oleh penguatan signifikan indeks-indeks Wall Street pada perdagangan akhir pekan lalu (11/10), merespon hasil negosiasi dagang antara AS dan Tiongkok di akhir pekan lalu. Sebagai informasi, Tiongkok setuju untuk membeli produk agrikultur dari AS sebesar US$40 miliar hingga US$50 miliar. Membaiknya hubungan dagang antara AS dan Tiongkok nampaknya dapat meredam kekhawatiran investor terhadap perlambatan pertumbuhan ekonomi global.

 

Terkait perlambatan pertumbuhan ekonomi, World Bank telah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia dari 5.1% yoy menjadi 5.0% yoy. Hal tersebut menyusul pelemahan investasi Indonesia pada periode Q3-2019. Meski demikian, perlambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia nampaknya sudah di antisipasi oleh investor. Merespon sentimen tersebut sepanjang pekan lalu pergerakan IHSG cenderung menguat pada level 6100.

 

Mendapat sentimen positif dari bursa global IHSG diperkirakan akan menguat pada perdagangan hari ini (14/10) dengan rentang perdagangan 6100-6200 (14/10). Perhatikan saham-saham tambang khususnya batubara seperti PTBA dan ADRO. Membaiknya hubungan dagang antara AS dan Tiongkok diperkirakan dapat meningkatkan konsumsi energi sehingga menyebabkan penguatan batubara.

Top