Research

PHINTAS Initiate Report PT Alkindo Naratama Tbk

Meningkatkan Produksi Brown Packaging

Untuk menangkap kesempatan pesatnya pertumbuhan E-Commerce ALDO meningkatkan produksi kemasan kertas coklat sebesar 600,000 ton di tahun 2021. Peningkatan produksi tersebut dilakukan melalui penambahan mesin baru di bulan Febuari 2021 dan baru akan beroperasi di Maret 2021. Hasil produksi rencananya akan dipasarkan melalui skeme business to business (B2B) dan business to customer (B2C).

 

Peningkatan Penjualan diatas Industri

Ditengah pandemi COVID-19 ALDO mampu mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 0.87% yoy menjadi Rp1.11 triliun di tahun 2020. Pertumbuhan tersebut relative lebih baik dari rata-rata kinerja perusahaan sebanding yang turun sebesar kisaran 5.26% yoy (lihat gambar 2.) di periode yang sama.

 

Bahan Dasar yang Ramah Lingkungan

ALDO merupakan perusahaan produksi kertas yang menggunakan kertas hasil daur ulang sebagai bahan dasar. Bahan dasar daur ulang tersebutberasal dari karton, dus dan jenis kertas lainnya. Dalam proses produksi, ALDO menghasilkan limbah yang ramah lingkungan dan dapat di daur ulang oleh perusahaan kertas.

 

Honeycomb Paper (HP) Dapat Menjadi Bahan Dasar untuk Furnitur di Masa Yang Akan Datang.

ALDO merupakan salah satu produsen HP di Indonesia. Sepanjang 2020, konsumen global terus mencari bahan yang sustainable untuk dijadikan furniture. Salah satu bahan yang dipertimbangkan adalah HP. Penggunaan HP sebagai bahan dasar furniture memiliki beberapa keunggulan diantaranya harga yang murah dan beban yang ringan. Akan tetapi, penggunaan HP sebagai bahan baku furniture masih dihadapkan pada beberapa tantangan, salah satunya terkait dengan daya tahan. Berdasarkan riset dari University of Ho Chi Minh di tahun 2021 HP yang dicampur dengan Fiberglass Composite (GF) masih memiliki tingkat ketahanan dibawah Plywood (PW) dalam sisi kekuatan flektural dan kapasitas dalam menahan beban (lihat grafik 3 dan 4).

Top